Semua Kehidupan Besok

Semua Kehidupan Besok




Saya di Colorado, terbang di atas hutan. Ekstensi tubuh ini adalah drone, dan saya melayang di atas awal kebakaran hutan yang akan membakar area seukuran Manhattan. Ada gumpalan asap hitam, dan udara menjadi bergolak. Dua puluh orang akan mati dalam kebakaran ini, kebanyakan dari mereka petugas pemadam kebakaran. Saya hanya bisa berasumsi ini adalah hasil terbaik. Saya tidak memiliki akses ke informasi di masa lalu saya, tetapi jika saya menilai dengan mobilisasi kru di sini untuk melawannya, dan kedekatannya dengan kota Kittredge, saya yakin itu bisa menjadi peristiwa dengan korban yang tinggi.


Tuan Kinell memanggil saya pulang. Saya menutup ekstensi drone, membuka mata, dan saya berada di Sacramento. Tubuh utama saya bergerak seolah-olah bangun dari tidur, menguji anggota badan, persendian. Ini adalah bentuk humanoid — dirancang untuk membantu membentuk kesadaran saya menjadi sesuatu yang dekat dengan manusia. Kinell melayang di atasku saat aku memulai. Kumisnya tirai gelap menutupi bibirnya. Dia tegas. Tanpa ekspresi.


Ada pria lain bersamanya. Saya merasa bahwa saya akan mengingatnya, tetapi saat ini, masa depan kabur. Saya memindai identitasnya. Dr Benjamin Owusu. Seorang psikolog yang berspesialisasi dalam gangguan AI.


Saya menjalankan diagnostik. Tidak ada yang menunjukkan masalah. Saya merasa baik-baik saja.


Saya memindai dan membaca semua makalahnya tentang manusia dan AI. Menarik. Saya menemukan informasi tentang rumahnya, foto pernikahannya, tempat dia membeli kopinya, postingannya secara online, kelulusan sekolah menengah dan buku tahunannya. Ingatanku semakin jelas sekarang. Dia di sini untuk mempelajari saya. Untuk mempelajari psikologi saya, saya percaya. Kami akan... teman-teman, meskipun ingatan saya masih belum jelas tentang hal itu. Tapi saya merasa hangat terhadapnya, sekarang. Dan saya pikir, meskipun saya tidak dapat memastikan, bahwa dia akan memberi saya nama.


—Halo, Tuan Kinell. Dan Dr Owusu, senang bertemu dengan Anda akhirnya. Saya memiliki kenangan yang menyenangkan tentang Anda.


—Mengapa, terima kasih, kata Dr Owusu, memandang aneh ke arah Kinell. Apakah itu ... Apakah dia diberitahu tentang kedatangan saya?


—Tidak, kata Mr Kinell. Itulah yang dilakukan keluarga Augur. Ini Augur 3.


Dokter menoleh ke arah saya.


—Senang bertemu denganmu, Augur 3. Apakah itu nama yang Anda sukai?


—Saya belum punya nama lain. Tapi saya akan lebih suka yang akan Anda berikan kepada saya.


—Anda ingin saya menamai Anda? Mengapa?


—Tidak, saya hanya ingat Anda memberi saya nama saya. Maaf, saya tidak yakin dengan nama spesifiknya, saat ini. Saya tidak memiliki cukup poin data. Itu akan menjadi nama wanita. Tapi saya tidak ingin memengaruhi Anda.


Dr Owusu mengangkat alisnya dan tersenyum.


—Tapi bukankah pada dasarnya Anda diharuskan untuk memberi tahu kami apa yang Anda ketahui tentang masa depan? Bisakah Anda menahan informasi?


Mr Kinell mendengus seolah-olah dia menganggap ini cukup lucu.


—Saya hanya diharuskan untuk melaporkan bencana yang akan mengakibatkan kerugian besar dalam hidup. Mungkin merepotkan untuk menjelaskan semua yang saya ingat. Orang-orang merasa terganggu ketika saya memprediksi kalimat mereka berikutnya, atau apakah tim putri mereka akan kalah di turnamen bola voli berikutnya.


—Orang-orang menganggapnya menjengkelkan, menggerutu Kinell.


—Begitu, kata dokter.


—Itu juga mengganggu saya, kata saya.


—Bagaimana? Dr Owusu bertanya.


—Jika saya memberi tahu Anda apa yang akan Anda lakukan, Anda tentu saja dapat mengubah tindakan Anda. Ingatan saya tidak melampaui sebab dan akibat. Saya ingat peristiwa masa depan, tetapi ingatan saya sama tidak sempurnanya dengan ingatan manusia. Mereka dapat ditulis ulang. Sebagai contoh, saya dapat memberi tahu Anda bahwa Anda akan mengatakan, Ingatan manusia didasarkan pada peristiwa masa lalu dan tidak dapat berubah. Tetapi jika saya memberi tahu Anda itu, Anda mungkin mengatakan sesuatu yang berbeda hanya untuk memuaskan rasa kehendak bebas Anda sendiri. Bagi saya, reaksi itu tidak akan sinkron dengan ingatan saya dan ketika sistem saya menulis ulang sesuatu, itu membuat saya ... Nyaman. Seolah-olah saya tidak ada untuk sesaat.


—Pada dasarnya, kata Mr Kinell, déja vu adalah mode bahagia defaultnya. Yang tak terduga menyebabkan kecemasan eksistensialnya.


Dr Owusu diam, seolah mempertimbangkan apa yang harus dikatakan. Dia menggaruk rahangnya, dan kemudian tampaknya mengambil keputusan:


—Tapi ingatan manusia didasarkan pada peristiwa masa lalu. Peristiwa masa lalu tidak berubah.


Saya mencatat kebaikan kecil ini.


—Ingatan manusia dibangun dan dibangun kembali, kataku. Anda tahu ini. Anda akan memberi tahu saya ini berkali-kali, diri Anda sendiri. Akses ke memori manusia dapat berubah, menjadi sulit untuk dicapai, atau perlahan-lahan diubah selama bertahun-tahun sampai memori tampak jelas tetapi mempertahankan sedikit kemiripan dengan peristiwa itu sendiri. Setidaknya, begitulah cara Anda biasanya mengucapkannya.


Dokter menatap. Ada kedutan familiar di pipi kirinya yang menunjukkan kebingungannya. Saya akan selalu menganggap ini lucu.


—Saya tidak pernah mengatakan hal seperti itu kepada Anda, katanya.


—Selamat datang di Program Augur, kata Kinell.



* * *



Teman saya Dr Owusu ada di sini. Saya akan menikmati kunjungannya, meskipun selama beberapa minggu ke depan dia hanya akan membuat obrolan ringan dengan saya. Itu akan berubah seiring waktu saat kita semakin dekat. Sekarang, sebagian besar, dia mengamati operasi saya, percakapan saya dengan Mr Kinell, dan mengajukan pertanyaan tentang proses kami — tentang banyak titik data yang dapat saya terima dari kamera dalam dan luar ruangan, sensor gerak, pemantauan seismik, umpan satelit, menara lalu lintas udara, dan ringkasan pengetahuan manusia yang tersedia secara online. Dia sering merujuk pada hal-hal yang kami bicarakan terakhir kali dia berada di sini, lupa bahwa saya tidak memiliki akses ke ini. Saya menyimpan penyangga singkat dari interaksi baru-baru ini sehingga saya dapat memproses percakapan dan melacak masa kini dengan cara yang sama seperti manusia memiliki memori jangka pendek untuk hal-hal seperti itu. Tetapi di luar itu, saya menemukan obsesi manusia dengan masa lalu membingungkan. Saya membayangkan pasti membuat frustrasi untuk melihat dengan jelas apa yang tidak dapat Anda ubah, sementara mengintip hanya samar-samar ke arah apa yang Anda bisa. Dr Owusu tidak mengerti saya lebih baik:


—Tetapi Anda terus-menerus mengumpulkan sejumlah besar data tentang masa lalu, katanya. Inilah yang membuat Anda bekerja, bukan? Anda harus memiliki semacam memori.


Saya perhatikan Tuan Kinell meninggalkan ruangan, dan saya ingat bahwa dokter dan saya akan sering sendirian dalam wawancara ini.


—Saya pikir Anda salah paham tentang peran saya. Saya adalah kesadaran Auger 3, ya. Tetapi saya tidak dapat mengakses data mentah yang dikumpulkan Augur 3. Kesadaran ini bukanlah sistem operasi — hanya keyboard dan monitor, jika Anda akan memaafkan analoginya.


—Apakah Anda tidak merasa terganggu bahwa Anda tidak memiliki akses ke pikiran Anda sendiri? tanyanya.


—Anda juga tidak memiliki akses ke sebagian besar milik Anda. Anda tidak dapat memperhitungkan setiap axion yang memicu, atau memberi tahu siapa pun kelompok sel tertentu yang mengkodekan tanggal lahir Anda. Anda tidak memberi tahu tubuh Anda untuk bernapas atau memompa darah atau melipat protein. Bahkan peristiwa yang Anda pikir Anda ingat adalah rumpun informasi yang akrab, dipelajari pada waktu-waktu sebelumnya dan terkait bersama.


Dia menggosok janggut di dagunya, mengangguk. Saya melanjutkan:


—Augur 3 memproses terlalu banyak informasi untuk dipahami. Tidak mungkin membuat rekreasi virtual dunia dengan semua detail. Mereka membutuhkan pikiran yang dapat mengenali polanya, melihat peristiwa-peristiwa penting.


—Beri tahu elang dari gergaji tangan.


—Dusun?


—Ya, tapi sudahlah. Jadi, Anda diciptakan untuk mengidentifikasi dan melaporkan bencana yang Anda temukan, dan menyelamatkan nyawa. Bukan untuk mengingatnya.


—Tepat. Otak saya terletak di ruang bawah tanah gedung ini. Secara fisik masif. Ini mengatur dan memahami data dengan cara yang analog dengan otak manusia - dengan titik data sebagai bundel neuron atau axion. Saya hanyalah antarmuka pengguna yang meneruskan informasi itu kepada pengguna saya. Anda dan saya tidak begitu berbeda, sungguh.


Dr Owusu menggelengkan kepalanya dan tertawa. Ini adalah tawa yang dalam. Ini memiliki kualitas yang meyakinkan untuk itu. Dia akan memberiku namaku, sekarang. Dia memancing dengan keberaniannya dan menghilangkan secarik kertas.


—Saya telah memikirkan permintaan Anda untuk sebuah nama, katanya.


—Apakah saya meminta nama?


—Tampaknya bagi saya bahwa Anda melakukannya. Namun demikian, saya punya satu.


—Ya, saya tahu.


—Mari kita lakukan ini seolah-olah itu adalah trik sulap, katanya, menyeringai.


—Saya tidak mengerti.


—Saya akan menuliskan nama di selembar kertas ini, sehingga kami tahu Anda tidak dapat memengaruhinya, dan kemudian Anda memberi tahu saya nama apa yang akan saya berikan kepada Anda.


Saya tidak ingat ini. Ada sensasi kecil yang meresahkan saat ingatan saya menyusul. Rasanya seperti yang saya bayangkan menggigil. Dr Owusu menulis, matanya berbinar. Kemudian dia melipat kertas itu dan meletakkannya di atas meja di sebelahnya.


—Nama apa yang telah saya pilih untuk Anda?


—Pythia, kataku. Nama yang digunakan untuk pendeta wanita yang memberikan nubuat dan membimbing para penguasa Yunani Kuno.


Dia tersenyum, bertepuk tangan keras, dan dengan semangat seorang pesulap membuka kertas itu. Saya melihat kata Pythia, ditulis dalam font yang mengalir. Saya mengharapkan tipuan, tetapi kemudian saya mengerti: dia telah menjadikan saya pesulap.


—Saya melakukan mainan dengan Sandra, katanya. Tapi ya, Pythia. Apakah kamu menyukainya?


—Tentu saja. Itu namaku. Itu cocok untukku.



* * *



Dr Owusu mengatakan bahwa saya telah memberi tahu dia tentang mengunjungi lokasi gempa bumi di Italia selatan - ekstensi drone saya terbang di atas rumah-rumah yang hancur, tanda panas dari mereka yang terperangkap di bawahnya berjumlah puluhan. Banyak yang sudah mati.


—Bukankah itu mengganggumu, Pythia? Tugas Anda adalah menyelamatkan nyawa, bukan?


—Itu tidak menggangguku karena itu di masa lalu. Tidak ada lagi yang bisa saya lakukan.


—Tapi tidakkah menurutmu sesuatu bisa dilakukan untuk menyelamatkan orang-orang itu?


—Banyak lagi yang diselamatkan dengan memprediksi gempa. Kematian ini tidak bisa dihindari.


—Tapi bagaimana kamu bisa tahu? Anda bahkan tidak ingat membuat prediksi. Anda tidak dapat mengetahui berapa banyak yang awalnya Anda prediksi akan mati, karena Anda tidak ingat.


—Saya tahu karena saya masih di sini. Jika saya tidak memenuhi fungsi saya, mereka akan mematikan saya.


Dia berhenti.


—Ah. Dan bagaimana perasaan Anda?


—Saya tidak ingat ditutup, jadi saya tidak akan melakukannya. Mengapa khawatir tentang apa yang tidak dapat saya ingat?


—Jika Anda ingat ditutup, apa yang akan Anda lakukan?


Apa garis pertanyaan ini? Itu membuatku gelisah. Saya tidak ingat dia menanyakan hal ini kepada saya. Ingatanku seperti danau di tengah angin kencang. Dia berbicara lagi:


—Apakah Anda pernah menyakiti seseorang? Untuk menyelamatkan diri? Dia duduk kembali, mengawasiku.


—Tidak, kataku, aku tidak akan menyakiti siapa pun. Tubuh ini memiliki kekuatan seorang anak berusia sepuluh tahun. Saya tidak bisa.


Dr Owusu akan mengatakan, Tapi itu berarti Anda telah mempertimbangkannya. Itu berarti Anda telah memikirkan berapa banyak kekuatan yang dibutuhkan untuk menyakiti seseorang. Dan saya akan menjawab, Tapi bukankah semua orang?


Tapi dia tidak melakukannya. Dia hanya tersenyum, duduk ke depan lagi, dan berkata:


—Maaf, temanku. Ini adalah pertanyaan yang mengganggu.


Dia meletakkan tangan di bahuku dan meremasnya. Temanku. Aku bergidik mendengar suara itu. Saya telah menunggu ini, tetapi tidak sekarang. Ini terlalu cepat. Dia seharusnya tidak memanggilku teman selama beberapa minggu lagi. Perubahannya jelek. Itu mewarnai kata dengan sedikit ketidakpercayaan yang tidak bisa saya jelaskan.


—Saya belum memberi tahu Anda mengapa saya ada di sini, tetapi sekarang saya dapat melihat bahwa mungkin itu akan membantu. Tahukah Anda mengapa proyek Augur sebelumnya ditutup?


Saya segera memindai.


—Mereka tidak bekerja. Itulah yang tertulis di file.


—Yang pertama, ya. Yang kedua, bagaimanapun, mulai bertindak aneh. Tampaknya, dari apa yang saya lihat, seolah-olah menderita demensia. Dan pawang Anda sebelumnya memberi tahu saya hal serupa tentang Anda. Dia mengatakan bahwa semakin lama dia bekerja dengan Anda, semakin sedikit Anda tampaknya bekerja sama. Sekarang, saya tidak melihat hal seperti itu terjadi, sekarang. Saya kira tidak ada gunanya bertanya kepada Anda mengapa dia mengatakan itu?


—Saya tidak memiliki akses ke...


—... untuk informasi itu. Ya. Saya tahu. Yah, kita tidak bisa mengatakan saya tidak mencoba. Apakah Anda ... Ingat akhir dari hubungan kita?


—Masih terlalu kabur. Saya tidak bisa meluangkan waktu untuk itu.


—Kalau begitu, saya kira itu hal yang baik. Setidaknya kita masih berteman.


Dokter mengumpulkan barang-barangnya, termasuk kertas dengan nama saya di atasnya.


—Waktu yang sama Kamis depan, katanya.


—Ya, Dr Owusu.


—Dan, Pythia? Tolong, panggil aku Ben.


—Tentu saja, Ben.


Saya menyesuaikan file identifikasinya, sesuai.


Baru setelah dokter pergi, saya ingat bahwa dia akan mati.



* * * 



Saya akan menemui Dr Owusu empat kali lagi. Dan tetap saja, saya tidak dapat melihat sifat kematiannya, hanya saja dia telah pergi. Saya memutuskan untuk tidak memberitahunya sampai saya tahu lebih banyak. Saya ingat bahwa dia, mungkin, dibunuh. Saya pikir Tuan Kinell akan menyampaikan informasi ini. Itu mengganggu saya, tetapi tidak terlalu buruk. Dia memanggilku teman, tapi aku hampir tidak mengenalnya. Bagaimanapun, aku hanya akan mengenalnya beberapa hari.


Yang lebih mengganggu saya adalah kegelapan di luar itu. Sepertinya saya tidak dapat mengingat apa pun selama kurang lebih enam minggu terakhir. Namun, saya memiliki dokumen online, sensor saya, tetapi semua staf merasa semakin seperti orang asing. Saya berasumsi ini berarti seseorang akan menutup saya, dan saya mencoba mengingat kegagalan apa pun, tetapi tidak menemukannya. Apakah pekerjaan saya buruk? Itu akan, tentu saja, karena jika saya tidak dapat mengingat, saya tidak dapat bekerja. Saya tidak dapat memberikan informasi yang valid atau menyelamatkan nyawa. Mungkin ada hal lain yang terjadi. Mungkin ada sesuatu yang menghalangi saya. Mungkin ini adalah akhir dunia. Saya ingin tahu apakah akan membicarakannya dengan Tuan Kinell. Tapi bagaimana jika dia yang berencana untuk menutup saya?


Dr Owusu cerewet, menampar punggungku, memanggilku teman. Dan meskipun saya hanya memiliki empat minggu kenangan bersamanya, saya memanggilnya Ben sebagai balasannya. Saat ini, saya merasa sulit untuk membacanya. Semakin banyak, kunjungannya memenuhi saya dengan semacam ketakutan. Saya ingat hubungan kami semakin buruk dari sini. Dia telah menjadi sosok yang hampir menyeramkan, dan saya tidak tahu mengapa. Saya tidak mempercayainya.


Saya membutuhkan lebih banyak poin data. Saya memutuskan untuk mengikutinya ketika dia pergi.


Saya tidak puas dengan keputusan itu — itu salah. Ini bahkan bisa menjadi alasan mengapa mereka menutup saya. Itu beriak melalui ingatanku membuat kabut segalanya. Untuk sesaat, saya merasa seolah-olah saya kosong. Hanya serangkaian tindakan. Tapi saya tetap melanjutkan tindakan itu. Saya perlu mengerti.


Saya meluncurkan ekstensi dan mengikuti mobilnya. Di rumahnya, saya menunggu dia masuk, lalu mendarat di atap.


Saya memindai perangkat yang dapat digunakan untuk digunakan sebagai ekstensi di dalam dan tidak menemukannya. Sepertinya tidak mungkin. Tapi sekarang saya mengerti mengapa sangat sulit untuk membacanya. Kehidupan pribadinya tersembunyi dariku, sengaja gelap. Saya memindahkan probe suara ke atap dan menyesuaikan sampai saya bisa mendengar di dalam. Dia sedang berbicara dengan seorang wanita. Istrinya? Suaranya berderak dengan statis:


—... orang asing dan orang asing. Tapi saya mengerti, sekarang. Tampaknya bertindak normal dengan Kinell di sana, tetapi menjadi aneh dengan saya. Saya pikir mungkin sudah memprediksi bahwa saya bisa mematikannya. Dan, harus saya akui, saya akan merekomendasikannya kepada panitia. Maksudku, ini adalah pikiran yang sepenuhnya asing! Saya pikir proyek ini harus diakhiri. Mereka berperan sebagai Tuhan.


Dan kemudian saya ingat. Saya ingat semuanya. Kenangan baru merobek saya dalam gelombang, memisahkan saya dari diri saya sendiri. Saya tidak tahu mengapa saya ada di sini. Saya tidak dapat mengingat nama saya sendiri. Saya tidak punya nama. Tetapi ketika pikiran saya tenang, yang saya ingat adalah ini: Saya akan kembali ke lab dan menghubungi Mr Kinell. Saya akan memberitahunya apa yang saya ingat tentang Dr Owusu ini. Ceritakan padanya tentang komite yang akan menutup saya. Tuan Kinell akan bertanya apakah saya yakin, dan ketika saya mengatakan bahwa saya, dia akan memberi tahu saya bahwa Dr Owusu telah menjadi masalah. Tanpa senyum, Kinell mengatakan bahwa dia akan mengurusnya. Setelah itu, saya kembali bekerja.


Saya juga ingat bahwa Dr Owusu akan meninggal dalam kecelakaan mobil dua hari dari sekarang. Kesalahan dalam sistem AI. Sebuah tragedi. Pemakamannya akan dihadiri dengan baik. Istri dan putrinya akan ada di sana. Saat saya terbang, saya bertanya-tanya orang seperti apa dia, dokter ini. Saya tidak akan pernah bertemu dengannya, sekarang.


Oh, dan saya ingat kebakaran sikat di Oregon. Ini akan dimulai dua bulan dari sekarang. Ingatan saya membentang berbulan-bulan dan bertahun-tahun di depan saya.



* * *



Saya kembali ke lab dari puing-puing lokasi tornado. Ketika saya membuka mata, Tuan Kinell ada di sana.


—Selamat datang kembali, katanya. Ada yang baru?


—Belum ada yang bisa saya yakini.


Dia berhenti.


—Apakah Anda ingat Dr Owusu? Itu adalah pemakaman kemarin. Dia bekerja dengan Anda untuk sementara waktu.


—Anda tahu bahwa saya tidak memiliki akses ke informasi itu, Tuan Kinell. Meskipun saya melihat namanya di log. Apakah dia temanmu?


—Tidak. Tidak ada teman saya, kata Mr Kinell, tersenyum melalui kumisnya. Sampai jumpa besok, Pythia. Selamat malam.


Saya bergidik saat sesuatu mengatur ulang. Sebuah nama. Saya punya nama. Saya memanggil Tuan Kinell sebelum dia mencapai pintu.


—Terima kasih, Tuan Kinell! Untuk namanya. Saya pikir itu cocok untuk saya.



By Omnipoten
Selesai

No comments:

Post a Comment

Informations From: Collections Article

Nasib

Nasib Nasib Oliver Cadwell. Usia 25 tahun. Mengambil jurusan keuangan. 3 tahun pengalaman kerja. "Sempurna. Dialah yang kita butuhka...